Rabu, 20 Februari 2013

Melahirkan Sambil Menjodohkan

            Hal biasa yang paling sering saya temui adalah pertanyaan dari orang-orang terdekat atau orang-orang baru kenal. Simak beberapa model perbincangan berikut:
MODEL 1
x  : mbak mau dijodohin nggak?
y  : sama siapa?
x  : atlet angkat tronton.
y  : wah pasti keren..
x  : Jelas! ototnya aja udah segede tronton..
y  : (nyengir kuda)
MODEL 2
x  : mbak mau dijodohin nggak?
y  : sama siapa?
x  : Pemain biola 
y  : wah pasti keren
x  : bukan keren lagi mbak, pemuda ini bahkan punya cara baru buat main biola.
y  : gimana cara mainnya?
x  : senarnya bukan digesek mbak tapi digigit sama dia
y   : (nyengir gajah)
MODEL 3
x  : mbak mau dijodohin nggak?
y  : sama siapa?
x  : pesilat 
y  : wah pasti keren
x  : Tentu saja mbak, bahkan pemuda ini sudah pernah nyoba bertarung sampe menanang telak
y  : Waw.. Waw.. siapa lawannya?
x  : Kambing Pak RT
y  : (nyengir badak)

Model-model perbincangan diatas sering muncul di kehidupan sehari-hari tentu dalam kondisi santai, ga sambil nyanyi ataupun boker. Nah yang jadi masalahnya adalah kalo jodoh-jodohannya sambil ngeden mau melahirkan.
Ini ketika saya lagi jaga VK (kamar bersalin). Ada seorang ibu yang hendak melahirkan anak keduanya. Ibu ini seorang perawat dan suaminya adalah seorang tentara. Ketika saya piket jaga, si ibu sudah dalam fase aktif kira-kira bukaan tujuh.  Sudah deket mau melahirkan. Kontraksinya juga sudah semakin sering dan semakin kuat. Tapi si ibu masih sempet cerita tentang anaknya, suaminya, teman suaminya. Nah ngomong-ngomong tentang teman suaminya, ibu ini mau jodohin saya sama teman suaminya. Katanya usianya masih muda, mapan dan berwibawa. Weew..dadanya bidang ga bu?wkwkwk.
Waktu lagi ga kontraksi si ibu ngomongnya lancar,” iya dok..dia itu masih muda, orangnya baik, sudah disuruh nikah sama orang tuanya, kalo bisa sama orang kesehatan aja”. Saya bingung mau ngeluarin nyengir gaya apa, okeh nyengir gaya lumba-lumba aja deh,hehehehe.
Tiba-tiba kontraksi tapi si ibu tetep mau jelasin profil pemuda itu,”iya dok...hhhuuuuuuuu....dia itu dok...huuuuuuuuuuuuuuu...orangnya ga pelit...hhuuuuuuuuuuuuuu....sama suami saya..........hhhhuuuuuuuuuuuuuuu....sering beliin makanan...hhhhuuuuuuuuuuuuuuuuuuu...”.  waduh si ibu buat saya jadi ketakutan, fokus bu...fokus...ibu itu mau melahirkan.
Tiba-tiba kontraksinya berhenti lagi,”nah..rencananya kalo saya sudah lahiran dia mau datang ke rumah sakit”. Sumpah, si ibu ada-ada aja.
Tiba-tiba kontraksinya muncul lagi dan kali ini semakin hebat,”hhhhaaaaaaaaaa....sakitttt.....hhhaaaaaa....mau ya dok......dia itu baik.....hhhaaaaaaa.....haduuuuuuuuuhhh.....*&*^%%^#%69$%E#”
OEK...OEK...OEK....
Dan bayinya lahir, si ibu baru fokus sama bayinya, ga ngurusin jodoh-jodohan lagi. Keesokan harinya ketika si ibu sudah dirawat di kamar perawatan ketemu lagi sama saya. Ternyata si ibu masih ingat, “gimana, mau ga saya jodohkan sama teman suami saya?tentara loh..”. kali ini saya senyum ga pake nyengir karena saya sudah kehabisan stok nyengir. :P



Okt '12, pengalaman Ocin di Muara Enim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar