Kamis, 21 Februari 2013

Dokter Capung!

Koas itu selain sering menjadi tempat nanya-nanya perihal kesehatan (padahal masih amatir) sering juga diminta untuk menemani berobat. Kalo lagi ditanya-tanya perihal suatu penyakit sama pasien atau sama temen atau orangtuanya temen atau tetangga belakang rumah atau tantenya anak tetangga atau bibi dari keponakan mertuanya kakak ipar tetangga atau nenek buyut adik sepupu temennya tetangga, pokonya siapa aja, koas layani dengan senang hati. Pernah sutu ketika saya lagi enak-enaknya molor tiba-tiba dapet telepon.
“Mbak Putri ini tante Ani, temen adik sepupu dari nenek buyutnya sodara misan bapakmu bla bla bla” jelasnya panjang banget, ya saya pura-pura udah tahu aja,hihihi.
“Oh iya..iya..tante, apakabar?sehat?” saya balik nanya seolah tahu, padahal dalam hati mikir, “Haduh siapa ya..hmm..siapa ya..siapa ya..siapa ya..siapa ya..” seratus kali mikir sambil jungkir balik.
“Baik, tante mau nanya sama mbak Putri, anak tante itu batuk-batuk sudah dua hari, terus perutnya kembung juga, terus nggak mau makan, terus susunya nggak mau diminum..terus...............” iyaaa terus suka lompat-lompat nggak bisa dikontrol terus suka nangkepi tikus tikus didapur terus makani rumput tetangga terus berjalan ala model, hayyooo tante apalagi..terus..terus..terus..terus..?? haha, nggak segitunya ya..kalo udah gini saya nanggepinnya iyee banget.
“Ohh..anak tante ada demam nggak? Demamnya gimana?  Batuknya berdahak nggak? Dahaknya warna apa? Ijo? Putih bening? Merah muda? Magenta? Biru langit?”
Saya mulai ngacau emang ada dahak warna biru langit,hha ada kali, tuh kalo misalnya si bocah nelen awan kan dahaknya bisa warna biru biru langit.  Sambil dengerin penjelasan dari seberang saya kalang kabut, mulai buka buku-buku pediatrik (ilmu kesehatan anak) atau cepet-cepet idupin laptop cari bahan kuliah, setelah dicari-cari  nggak ketemu juga (ya iyalah terakhir buka bahan kuliah masih jaman sebelum masehi) atau ngomong kode-kodean sama temen saya Zelfi,
“Sakitnya apa nih?? Sakitnya apa nih??” tanya saya rada cemas.
“Jadi menurut mbak Putri anak tante sakit apa terus diapain nih?”
Jreng..jreng..dan saya akan menjawab dengan suara yang amat bijaksana, suaranya aja mukanya tetep nggak nyantai tapi nggak masalah kan orang cuma denger suara, yuhuuy.
Iya prinsipnya saya akan jelaskan sejauh mata memandang, bukan bukan sejauh pengetahuan saya. Tapi saya nggak ngobatin ya karena belum menjadi kompetensi saya, saya cuma kasih gambaran perihal sakitnya aja dan pasti saya kasih saran untuk berobat ke dokter yang relevan sesuai sakitnya. Tapi dengan begini aja orang sudah seneng, sudah ngerasa diperhatikan dan saya sebagai koas terharu, serasa jadi malaikat berbulu ayam. Tiba-tiba bulan depan ibu saya nelepon,
“Putri..Tante Ani nyampein makasih anaknya sudah sembuh, katanya kalo lebaran main ke rumahnya, terus kalo nikah dia minta diundang.”
Hmm..Hmm...Hmm...Aduh bu, itu yang terakhir apa-apaan ya?  Iya..iya..sama-sama..doakan saja Christian Sugiono ngelamar saya, #husshh...laki orang itu mah.
Nah ini lain lagi ceritanya, kali ini saya menemani sahabat kecil saya, Lia bersama Ibunya membawa bapaknya berobat. Saya diminta nanya jadwal dokternya dan registrasi. Setelah mengurus hana hene hana hene kamipun disuruh menunggu depan ruangan dokter yang bersangkutan untuk dipanggil. Dokternya belum datang, sembari menunggu, Ibunya Lia cerita panjang lebar perihal riwayat penyakit Bapaknya Lia dan juga cerita tentang dokter tempat bapaknya berobat di tempat sebelumnya.
“Waduh mbak Putri...dokter yang kemaren itu ya, persis capung! C-A-P-U-N-G” Ibunya Lia menggebu-gebu.
“Widiiw...capung?” saya kebingungan.
“haha..maksud tante kalo meriksa pasien kayak capung, terus ngomong kayak capung, jalan kayak capung, cepet banget, kadang nggak jelasin juga apa sakitnya pasien, jadikan kita bingung bapaknya Lia ini sakit apa. Pernah aja ya, saking pengen ketemu sama dokternya Mbak Yanti dari pintu belakang, mbak Maya pintu depan dan Lia pintu samping, sengaja mau nyetopin dokternya kalau-kalau ketemu, itupun masih nggak ketemu juga, jalannya cepet banget.” Jelas ibunya Lia panjang lebar.
Ceileee..saya tahu kenapa nggak ketangkep dokternya, pasti ketiga sodaraan ini (Mbak Yanti, Mbak Maya dan Lia) lupa bawa jaring, jaring buat nangkep capung.
“Mbak putri nanti jangan jadi dokter capung ya..” Ibunya Lia nasihatin saya.
“Hha..iya tante Putri nggak akan jadi dokter capung” sambil senyum senyum manis.
Saya nggak mau jadi dokter capung, kurang feminim, kalo ditanya mau jadi dokter apa? Yaaa..saya mau jadi dokter kupu-kupu, sayapnya warna pink, terus terbang kesana kemari, setiap pasien ngeliat waw...cantik ya..cantik sekali..cantik sayapnya. Yuhuu ngawur..ngawur..
Dokternya belum dateng juga, saya bosen, Lia bosen, Ibunya bosen dan bapaknya Lia lebih keliatan bosen. Saya jadi nggak keenakan, padahal dokternya yang buat lama nunggu, tapi sumpah saya ngerasa nggak enak sama orang tuanya Lia. Sejenak suasana hening, mata saya liar memandang kondisi sekitar, saya melihat banyak orang seliwiran, diantaranya yang mengenakan jas putih, jalannya pada cepet kesana kemari. Saya serasa di kebun binatang, saya melihat banyak capung bertebaran, saya sendiri kupu-kupu bersayap Pink takut terbang, mantep aja di kursi karena capungnya macho..macho. Hhaa..saya pukul-pukul pipi saya, apaan sih saya tadi menghayal.
Tiba-tiba dokter yang ditunggu dateng. Lia, Ibunya dan bapaknya dari manyun berubah sumringah, saya lebih sumringah. Setelah konsultasi tampaknya orangtua Lia puas lupa kalo tadi dokternya buat mereka nunggu lama, sayapun riang. Semakin riang waktu Ibunya Lia ngucapin makasih dan mau ngasih saya duit buat beli bakso. Ahha...tapi dengan segala kerendahan hati duitnya saya kembalikan dengan sopan seraya berkata, ”sebenernya ini Kurang tante..kuraaaangg...”,haha nggak lah ya, bukan apa-apa nanti saya jadi enak. Haha..kata bapak kalo nolong orang jangan berharap balesan, minta balesan sama yang diatas aja. Merekapun pulang dan saya ngapain? Saya ngesot lagi di rumah sakit jadi koas bahagia.
            Jadi pelajaran buat saya jangan jadi dokter capung, nanti ditangkep pake jaring, repotkan! Hihihii.

3 komentar:

  1. nginspirasi nih Put.. ^^, bagus.. suka. Semoga Putri sukses jadi Dokternya yaaa.. Lancar-luncur koasnnya dan wisuda dokter tepat waktu. Aamiin.. kalau berkenan mampir ke blog Aya yaa.. ^^, tadi mampir ke tumblr nya juga, langsung suka sama instrumen Ashita hareru Kana nya.... ♥

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah amin.. Terimakasih Aya :). blog dan tumblr saya beginilah dan apa adanya,hehe. Semoga Aya juga selalu dimudahkan dan diberi nikmat kesehatan,amin. yuk mari terus blogging terus menulis ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sukkkaa. ^^, aamiin aamiin aamiin ya Rabb... yuuuupppp... ilovewrite&craft.. :D

      Hapus