Rabu, 20 Februari 2013

Konsultasi Joyo Kusumo Diningrat

Dear dokter Likalikusilika, perkenalkan saya Joyo Kusumo Diningrat, mau konsultasi ttg kesehatan. Keterangan ttg saya, Ibu saya ada sakit DM, saya suka makan, saya pengen jadi anak gaul makanya gaul sama anak yg ngerokok tapi sbenernya saya cupu ga bisa ngerokok cuma bisa liatin orang ngerokok aja, oh ya kalo stres saya suka makan terus tidur terus makan terus tidur terus makan terus tidur terus makan dan aktivitas ini ditutup dengan boker, saya males olahraga karena bangun kesiangan terus. Saya mau tahu kondisi tubuh saya, jadi apa yang harus saya lakukan? Tapi jgn main darah2 ya, saya takut diambil darah, saya punya pengalaman pahit ttg darah, waktu saya masih belia(sekarang usia saya 72.red) ada seorang gadis catik mencoba ambil darah saya dari pergelangan lengan saya, saya sampe gemeteran keringet dingin..hhoo melihat kondisi itu gadis itu ga tega ambil darah saya karena saya bilang saya takut darah, upss..padahal alasan sebenernya saya deg deg an waktu gadis itu pegang tangan sayaa...aahh..dokter saya malu sekali pada diri saya. Ahh..LUPAKAN!!!!! Mohon masukannya ya dok, atas jawabannya saya ucapkan terimakasih :)

JAWAB:

Dear Joyo Kusumo Diningrat..
Upss.. Sebelumnya, jangan panggil saya dokter karena saya belum disumpah menjadi dokter. Cukup panggil saya dokmud alias dokter imud imud, hhe bukan dokter muda maksudnya..

Sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan. Kalo misalnya kamu punya fasilitas askes manfaatin aja tapi kalo kamu males ngantri di rumah sakit pemerintah yang biasanya pasien super duper banyak dan banyak pula urusan birokrasinya kamu bisa ke klinik swasta terdekat. 


Pemeriksaan yang sebaiknya kamu periksa, berdasarkan skala prioritas:

1. Darah rutin: Hb, Leukosit, trombosit, Hematokrit, Hitung Jenis ->kalo misalnya ga ada tanda2 infeksi seperti demam mending ga usah diperiksa, duitnya bisa dialihkan ke pemeriksaan lain.

2. Kimia Klinik:
     #Fungsi hati: SGOT sama SGPT aja. Kamu baik2 aja kan, mata kamu, muka kamu ga kuning           kan?kalo misalnya dirasa agak kuning periksa juga bilirubin total, bilirubin direk dan bilirubin indirek.
     #Fungsi Ginjal:sebenernya kalo kita masih muda ga terlalu perlu periksa ini tapi yang namanya ginjal itu makin bertambah usia makin menurun laju filtrasi glomerulusnya, jadi coba periksa Ureum, kreatinin sama asam urat juga.
     #Profil Jantung: aaahh...serem ini mah, ga usah diperiksa ya kalo ga ada keluhan, misalnya nyeri dada sebelah kiri yang menjalar sampe ke lengan kiri, tapi ini biasanya menyerang orang yang usianya lebih dari empat puluh tahun, sebutannya sindrom koroner akut.
     #Profil Lemak: Kolesterol total, HDL, LDL dan trisligerida. Ini wajib diperiksa buat kamu yang doyan makan apalagi makanan yang berlemak, lemak gajah, lemak badak, lemak buaya kamu lahap semua kan?he
      #Profil DM: Glukosa sewaktu sama HbA1c aja ya, kenapa glukosa sewaktu padahal ada pemeriksaan lain seperti glukosa post prandial alias glukosa setelah makan kurang lebih 2 jam dengan konsumsi makanan sejumlah kalori yang ditentukan, ini repot, kamu pasti males repot2. Terus kenapa HbA1c? Karena ini bisa mengetahui kadar gula kamu bahkan tiga bulan lalu, jadi walau glukosa sewaktu kamu normal tapi HbA1c kamu meningkat ini menunjukkan kalo sudah ada gangguan homeostasis gula darah kamu. Kamu wajib ya periksa ini, karena mama kamu kan ada riwayat sakit DM jadi kamu nyimpen potensi sebesar 50%, selain itu penyakit DM kan penyakit sejuta umat akibat ga kontrol makan yaahh..mending di cek sedini mungkin lah yah..

Pemeriksaan diatas diambil dari sampel darah, diambil sedikit doang kok dari pergelangan lengan kamu. Ga usah pake cemas, nangis ga jelas, malu sama usia kamu yang udah kakek-kakek yah.. :D

Selanjutnya sebaiknya kamu periksa rontgen thorax, mengingat kamu sering merasa cupu ga bisa ngerokok minimal deket sama orang yang ngerokok, wehehehey... Itu akibatnya lebih parah cuy..

Selanjutnya kalo mau tahu kondisi jantung kamu, sok periksa dgn alat yg namanya EKG, nanti dada, kaki dan tangan kamu dililit pake tali beha dan yang masanginnya mesti waria, eh salah maksud saya kabel-kabel gitu dan yg masanginnya paramedis jangan takut, he..sejauh ini belum ada waria yg jadi paramedis. Atau kamu juga periksa pake alat yg namanya echocardiografi, keren! Bahkan kamu bisa liat katup jantung kamu buka nutup buka nutup..upss..sebenernya ga juga sih, kalo saya liatnya kayak item item aja semacam klise foto jaman dulu tapi versi tiga dimensinya, kalo kamu periksa kamu liat aja dan nanya ya sama dokternya, jadi pasien harus kritis, tapi saya kurang ngreokomendasikan pemeriksaan ini karena mahal bgt, bisa merogoh kocek hampir setengah juta,heeuu...

Lalu apalagi ya, kamu ada keluhan apalagi? kalo keluhan dimata coba kamu periksa mata, kalo kamu punya keluhan di idung coba kamu periksa idung, kalo kamu ada keluhan di siklus haid silahkan konsultasi ke dokter obgyn :D, oh nggak ya kamu kan nggak punya uterus :P, dan seterusnya.

rajin rajin olga (olah raga) ya dan jgn kebanyakan bobsi (bobo siang).

Nanti kalo udah ada hasilnya kirim ke saya via email ya, akan saya analisis sejauh pengetahuan saya. Selamat mencoba... :)


#Kepada Bapak Joyo Kusumo Diningrat yang entah kenapa nyasar konsultasi ke saya, jadi ya beginilah lebih dan kurang jawaban seorang koas, masih kacau :P, silahkan konsultasi sama dokter yang (sesuai) berkompetensi dan saya akan selalu mendoakan semoga Bapak selalu diberikan salah satu nikmat Allah yang paling berharga, yaitu kesehatan, dijaga ya nikmat yang satu ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar