Rabu, 06 Maret 2013

Virin Septiyah Salsabila

Suatu malam saya jaga IGD Obstetri dan Gynekologi. Malam itu adalah malam penghujung bulan September. Tiba-tiba datang seorang ibu yang hendak melahirkan. Si ibu diantar oleh suaminya (suami siaga tahan air tahan banting). Si ibu sudah merasakan mules yang semakin sering dan semakin kuat. Keluar darah lendir dan keluar air-air juga ada. Lalu dilakukan anamnesis dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik. Dan yaakk...dari Vaginal Toucher didapatkan pembukaan lengkap. G2P1A0 hamil aterm inpartu kala satu fase aktif janin tunggal hidup presentasi kepala. Siipp bedasarkan kompetensi, kalo yang beginian diserahkan sama dokter muda. Saya yang saat itu bertugas jaga semacam kejatuhan durian, puk..puk..puk...seribu durian berjatuhan depan mata saya. Terus apa hubungannnya sama ibu melahirkan tadi? Kagak...kagak ada hubungan. Kali ini saya dapat kesempatan memimpin persalinan. Okeh dengan semangat saya akan mulai!
“Hayoo ibu semangat!”
Saya bawa spanduk yang bertuliskan “CEMUNGUUDHH” si Ibu nggak perlu ngeden cukup kentut dua kali si bayi langsung brojol. Tapi ini jelas-jelas nggak mungkin, berdasarkan sejarah cuma gajah yang ngelahirin anak semut lah yang nggak perlu ngeden dan cuma kentut push..push..push..terus anak semutnya meluncur dari jalan lahir.
 Si ibu melahirkan lama banget, maju mundur maju mundur. Saya berusaha memposisikan si  ibu, kedua tangan diselipkan diantara kedua lipatan paha ditarik kearah perut dan mata ibu melihat ke udel, ketika dirasa udah ada kontraksi (his) si Ibu langsung disuruh ngeden terus kalo kontraksinya ilang lagi si ibu disuruh istirahat dulu, kalo haus boleh sambil minum. Sayangnya si ibu nggak sesemangat saya yang mimpin persalinan. Disela-sela kontraksi si ibu malah bilang,
”Saya nyerah dok..saya nyerah!”.
Waduh, gemes kan..kepala bayinya udah dimulut vagina, si ibu bilang nyerah, padahal waktu buatnya sama sekali nggak pakai nyerah :D.
“Hayooo bu..sedikit lageee....”
Eh sumpah yah, ini si ibu lho yang mau melahirkan tapi kok saya yang keringetan. Kok kok kok saya keringetan yah? Ya iyalah, setiap ada kontraksi saya ikut-ikutan ngeden. Tapi yang keluar bukan bayi, tapi push..push..push..sama kayak si gajah tadi. Balik lagi ke cerita ibu tadi. Baiklah, saya masih semangat mimpin persalinan.
“Sedikit lagi ibu...yukk dikit lagi...yakk...yakk...yakk....”
Eh..eh..ubun-ubun kecilnya keluar duluan. Dengan lembut saya menyeka muka, mulut dan hidung bayi dengan kain bersih. Lalu saya liat ternyata leher bayinya kelilit tali pusat tapi lilitannya nggak begitu erat masih bisa dilonggarkan, otomatis saya lepaskan lewat bagian atas kepala si bayi.
“Waduh dek jadi ini yah yang buat kamu maju mundur maju mundur persis kayak mobil nyangkut dijalan becek”
Menunggu hingga kepala bayi melakukan putaran paksi luar secara spontan, lalu dilahirkan bahu, badan dan tungkai secara berturut-turut. Eh..bayinya perempuan langsung nangis oek-oek terus dari kupingnya keluar marmut lucu-lucu. Setelah dipotong tali pusatnya, adek bayi langsung diletakkan di perut ibu untuk dilatih nyosor ke nenen ibunya sedini mungkin, tujuannya biar nanti tangkas kalo kalo si bayi laper, kan bisa cepet langsung nyosor,hehe bukan bukan bukan ini mah bahasa kerennya Inisiasi Menyusui Dini.
Lalu saya nanya siapa nama bayi permpuan ini, Si ibu malah bingung belum ada nama dan pengennya saya yang kasih nama. Ahhaa... kreatifitas saya sedang diuji nih. Okesip okesip okesip..
Otak saya mulai mikir, kreatifitas pertama, karena kamu kelilit tali pusat ya dek, pertama yang saya ingat adalah seseorang yang riwayat kelahirannya juga kelilit tali pusat, namun ini versi perempuannya ya “VIRIN”.
Kreatifitas kedua, karena kamu lahirnya di penghujung bulan September dan saya punya temen namanya Septiyah panggilannya Cecep, orangnya ramah semoga kamu kayak Cecep, jadilah nama tengah mu “SEPTIYAH”.
Kreatifitas ketiga, karena saya kepengen ada surga-surganya, bener nggak sih air surga itu “SALSABILA”.
Cukup tiga aja ya dek, bukan saya miskin kreatifitas, kalo misalnya kreatifitas saya ada 827, repotkan nama kamu ada 827, nanti susah nulisnya di akte kelahiran, susah waktu ujian nasional, susah juga waktu suami kamu nyebut nama kamu di ijab qabul pernikahan,
“Saya terima nikahnya Virin Septiyah Salsabila bla bla bla bla bla bla bla bla 827x binti-Tan” (kalo misalnya nama bapakmu Tan,hihihi)
Okeh nama kamu VIRIN SEPTIYAH SALSABILA, saya minta panggilannya Virin aja yah, jadi kalo suatu saat entah kapan kita ketemu dan kamu sudah besar, dua hal yang akan saya ingat, yang pertama nama kamu Virin dan leher kamu pasti panjang (akibat kelilit tali pusat tapi fakta ini belum diuji secara klinis,hehe)..semoga jadi anak yang solehah J.

Pesan ngawur dari kisah ini adalah apa yah? Apa yah? Apa yah? #mikir #terus nanya, Kamu masih bisa ngawur? Saya nggak bisa ngawur kalo urusan melahirkan sebab saya juga akan melahirkan, cita-cita hidup saya menjadi seorang ibu.
Pesan moral dari kisah ini adalah Nama adalah doa, berilah nama yang baik dan yang indah, sehingga kelak yang diberi nama tumbuh sesuai makna nama tersebut dan juga sesuai dengan harapan yang memberi nama. Saya nggak ngawur kasih nama ini, walau sederhana namun tulus dari hati saya, semoga kamu seperti air surga ya dek, yang menyejukkan..yang menenangkan..


1 komentar: