Rabu, 06 Maret 2013

Kelingking Nek Siti Lamiatun....

Kalo dua puluh, tiga puluh, empat puluh tahun bahkan hingga otak saya masih mampu mengingat, hingga saya yang belia ini menjadi seorang nenek juga maka saya akan selalu ingat dengan seorang nenek yang bernama Siti Lamiatun. Namanya unik, awalnya saya suka salbut alias ngasal sebut nama nenek ini abisnya susah sekali mengingat nama nenek ini, dari Siti Lamiatun pernah saya ubah jadi Siti Lamina eh salah, saya ubah lagi jadi Siti Lutima, terus salah lagi jadilah Siti Latamun, ternyata masih salah, saya depresi, akhirnya saya ingat hingga detik ini SITI LAMIATUN. Untungnya si nenek nggak tahu kalo namanya sering saya ganti, kalo sampai dia tahu bisa digepok hidung saya pakai selang oksigen sama si nenek seraya berkata,
“Heh..bocah koas, nama saya ini sakral, emak saya nyembelih tujuh badak buat ngasih nama ini”.
“Ampun nek..ampun nek..”
Nenek ini adalah pasien saya ketika di Neurologi. Dari awal masuk hingga dua minggu perawatan di rumah sakit, saya mengikuti perkembangannya. Nenek ini dirawat dengan stroke non hemoragik. Namun nenek ini juga punya riwayat Diabetes Melitus yang tidak terkontrol. Kelingking kaki kanannya sudah diamputasi dan kelingking kaki kirinya ada gangren berwarna hitam dan sangat sakit. Konon katanya waktu muda nenek ini punya sejarah suka ngupil pake kelingking kaki, widiiiw repot amat nek. *POOKKK.... tiba-tiba jidat saya digepok dari belakang sama si nenek pake tiang infus.
Setiap pagi saya memeriksa nenek ini (iya dong, kan pasien follow-up saya). Selalu ada hal lucu dari nenek ini setiap saya kunjungi. Nenek ini selalu marah-marahan, ngambek-ngambekan sama suaminya, sebut saja Kek Siti Lamiatun (sebab saya nggak nanya siapa nama kakek ini). Berikut contoh ngambek-ngambeknya:
·      Suatu pagi saya hendak memeriksa nenek ini tapi si nenek lagi sarapan pagi, si kakek yang nyuapin. Sambil nunggu nek Siti sarapan saya periksa pasien disebelahnya. Saya menyaksikan tingkah kocak si nenek. Mungkin empet liat muka suaminya, si nenek mau makan tapi nggak mau liat muka kakek, jadilah kakek nyuapin nenek tapi dari belakang jadi si nenek cuma liat sendoknya aja dan nggak liat muka kakek.
·    Keesokan paginya saya mau memeriksa nek Siti lagi tapi kakek lagi ngelapin badan si nenek dengan kain basah. Sebut aja ini mandi ala ala orang sakit. Seperti biasa si nenek  ogah liat muka si kakek jadi si kakek ngelapnya kucing-kucingan. Dari belakang, samping, terus nyusup juga ke lipatan ketek si nenek seraya berkata,”beb..demi cinta aku rela!”.
·     Keesokan paginya si nenek ngomel dan mau nangis nggak mau ada suaminya nungguinnya. Jadi si kakek menjauh dan cuma ngintip dari balik pintu. Saya lakukan pemeriksaan vital sign lalu saya keluar. Di balik pintu suara kakek terdengar, “dokter muda..bagaimana tekanan darah nenek hari ini?” pertanyaan yang setiap pagi selalu ditanyakan, “150/100 kek, makannya diawasin ya kek, cukup makan makanan dari rumah sakit dulu ya” saya jelaskan, si kakek mengangguk paham.
·      Keesokan paginya lagi ketika saya hendak memeriksa nek Siti, eh nggak tau kemana si nenek nggak ada di tempat tidurnya. Kakek bingung juga kemana nenek pergi. Hhoo..ternyata si nenek keluar, lompat-lompat sambil jempalitan di sepanjang koridor rumah sakit,ahhaaa..saya boong!. Nenek pergi ke kamar mandi sendirian ogah dibantu sama kakek. Dan tiba-tiba terdengar suara “AAWWW.....” teriak nenek dari dalam kamar mandi, ternyata nenek terpeleset dan semua pasien sejagat raya Neurologi heboh mendengar suara nek Siti. Ya ampun nek, kenapalah mau pergi sendiri, padahal jelas-jelas belum kuat, selain kakinya masih lemas akibat stroke, telapak kaki nenek juga mana kuat buat menopang tubuhnya karena ada yang sudah diamputasi kelingkingnya dan ada juga yang gangren. Saya sebagai dokter muda yang bertanggung jawab merawat si nenek benar-benar merasa bersalah, rasanya pangen naik ke lantai lima gedung anak, terus... Terus ngapain? Terus lompat? Nggak, saya nggak lompat, saya naik aja terus turun lagi.
Oh ya belum saya sampaikan bahwa setiap pagi saya memeriksa nenek ini dan setiap pagi juga beliau mengelus pipi saya, entah kenapa. Mungkin karena saya mirip cucunya, Dian Sastro Wardoyo :P.
Ketika minggu terakhir di Neurologi, kami para dokter muda dihadapkan dengan ujian. Sebelum membuat status pasien maka terlebih dahulu dilakukan undian pasien yang telah disiapkan kakak residen.  Dan yaakk...saya dapat pasien dikamar dua tempat tidur nomor lima, itu adalah nek Siti Lamiatun! Kita berjodoh ya nek..*peluk-peluk si nenek.
Okeh saya melakukan pemeriksaan fisik lengkap neurologis, dari nervus craniales (tetek bengek dengan segala perlengkapannya) hingga menilai gait dan keseimbangan. Si nenek kesenengan, dia merasa dia di spesialkan karena semuanya diperiksa (ya iya nek.. kan saya mau ujian, nenek adalah pasien yang beruntung,hehe). Tentu saja kami semakin akrab, kalo kemaren cuma pipi kiri yang dielus-elus, kali ini kedua pipi saya yang dielus-elus bahkan sampe mau mencium saya. Hhuuuu..apa banget si nenek, saya ketakutan, sudah sikat gigi belom nek?hehe.
Akhirnya kepaniteraan klinik di Neurologi berakhir. Nenek Siti Lamiatun masih dirawat. Saya nggak sempet perpisahan cupika cupiki karena mau buru-buru ke stase selanjutnya, Anestesi.
Hari ke dua di Anestesi, kami stand by di ruang operasi dan betapa terkejutnya saya, ketika menuju ruang ganti baju saya melihat seorang pasien yang mau dibawa keluar setelah dioperasi. Buru-buru saya mendekat dan spontan bilang,
”hhaa...saya tahu..saya tahu..ini nenek Siti Lamiatun kan?”
saya masih dengan baju berwarna merah jambu (baju OK para dokter muda) ditambah pake masker ditambah pake kacamata ditambah pake tudung kepala, otomatis nek Siti Lamiatun nggak bakal ngenalin saya. Saya speechless ternyata baru saya tarik sedikit masker saya untuk menunjukkan muka saya, si nenek langsung mengelus pipi saya.
“Neneeeeek..ini cucu mu Dian Sastro Wardoyo..”
terus dijawab sama si nenek, “apaan sih loh...”
JLEEB
Saya penasaran, apa? Apa? Apa? Yang dioperasi? Dari balik selimut si nenek saya melihat ada kantong plastik bening yang isinya kelingking kaki kiri si nenek, kelingking yang sudah menghitam. Saya sedih dan pengen nangis. Tiba-tiba si kakek datang. Mungkin kalau dikonversi ke bahasa yang romantis seperti ini,
”beb..kamu tahu? Selama operasi berlangsung aku mencemaskan mu..” (sebenernya pake bahasa daerah, entah bahasa apa, tapi saya coba dubing dubing aja) untuk kali ini si nenek nggak nolak, nggak marah, dan nggak melengos juga, malah si nenek mau dipeluk sambil meneteskan air matanya. Nek.. Kek.. kalian begitu mengesankan. Saya benar-benar terhanyut sama kehangatan kasih sayang mereka berdua, terhanyut sampai sungai Ciliwung. Sebelum nek Siti dibawa ke ruang perawatan saya berpesan,
“Nek..jangan pergi ke kamar mandi sendirian lagi yah, minta bantu kakek, sekarang kelingking satunya nggak ada lagi.”

Pesan ngawur dari kisah ini adalah hati-hati jangan suka ngupil pake kelingking kaki yah, bisa repot urusannya. Jadi pake apa? Coba pake jempol kaki, dengan cara saling silang, jempol kaki kanan untuk lubang hidung kiri dan jempol kaki kiri untuk lubang hidung kanan, lakukan aksi ini dikeramaian maka nanti akan ada yang teriak liat kamu, “Waaaww...hebat ya akrobatnya..”.
Pesan moral dari kisah ini adalah jagalah terus rasa sayang untuk pasangan, hingga menua walau bagaimanapun keadaannya, dijaga terus hingga di keabadian nanti (ceileee katanya bapak BJ. Habibie).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar