Rabu, 06 Maret 2013

Pasien Aneh? Hmm.. Saya juga bisa lebih aneh!

Ada banyak tingkah pasien yang saya temui. Tapi untuk yang satu ini bisa bikin saya aneh juga. Inilah risiko menjadi koas perempuan. Kalo pasiennya laki-laki masih muda, nggak jarang ada yang suka goda-godain.
Suatu ketika saya lagi jaga IGD Penyakit Dalam, tiba-tiba ada pasien baru, laki-laki berusia dua puluh satu tahun dengan keluhan utama demam udah dua hari. Kalo dari klinisnya matanya kuning (sklera ikterik.red) dan hatinya membesar (hepatomegali.red). Pasien ini memang sudah punya riwayat sakit Hepatitis sebelumnya. Saya tanya-tanya (anamnesis.red) lalu dilanjutkan pemeriksaan fisik. Saya dengan sopan minta izin bajunya dibuka biar saya bisa memeriksa hatinya. Hati beneran ya, bukan hati yang biasa dipake buat ngegombal. Selama saya melakukan pemeriksaan, pasiennya senyum-senyum, saya bales senyum (senyum profesional termanis sepanjang hayat).
Didekat si pasien ada beberapa temannya. Sepertinya temen kuliahnya. Mereka memulai perbincangan,
“Gimana koas, temen kami sakit apa yah?hmm..kalo boleh tahu angkatan berapa yah?sudah punya pacar belum?boleh nggak?hmm..boleh nggak?boleh nggak kenal lebih deket?”
Mereka nanya-nanya sambil ketawa-ketawa. Sumpah, dalam hati saya pengen nangis, saya takut. Saya cuma pengen belajar dan bekerja bener-bener kok. Isak tangis saya semakin menjadi. Air mata saya beneran nggak bisa dibendung, meleleh hingga IGD banjir. Si pasien masih aman diatas tempat tidur karena ngapung sedangkan temen-temennya sudah pada nganyut entah kemana. Itu harapan saya, tapi sayangnya cuma imajinasi.
Saya berpikir keras memutar otak saya. Hmm..saya harus mengeluarkan jurus garang sambil melotot sampe mata saya keluar.
“Mohon maaf, saya adalah seorang ibu, saya memiliki dua anak, kalian tahu Bang Joni?” mereka menggeleng (jelas aja, saya juga kagak tahu siapa Bang Joni)
“Dia itu preman pasar Cinde dan dia adalah suami saya”. Jelas saya
Mereka terdiam. Yess.. Yess.. saya berhasil. Saya permisi undur diri. Saya sampaikan nanti pasien akan diambil darahnya untuk diperiksa di laboratorium. Mereka mengangguk setuju.
Lalu saya menemui temen saya yang lain (koas cowo).
”Tolong ya..tolong ya..nanti kamu aja yang ambil darah pasien itu..yah..yah..please!”. teman saya menerima permintaan tolong saya.  Terimakasih ya teman! Kamu kan cowo pasti aman. Kalo sampai kamu digoda juga, nanti kita rujuk aja mereka-mereka itu ke rumah sakit jiwa,hihihii..

Pesan ngawur dari kisah ini adalah kalau ketemu pasien yang suka ngegoda kayak gini, kita pura-pura nggak nyambung aja, “Mbak siapa namanya?” terus kita jawab, ”iya selasa depan mas”, terus dia nanya lagi, ”Mbak koas kan?”, jawab aja ngasal, ”iya monyet tetangga sebelah”. Terus nanya lagi, ”Mbak tinggal dimana?” jawab aja, ”dua ribuan aja” terus dia nanya lagi, ”Mbak ini manusia kan?” kali ini jawab dengan serius, “bukaaaann saya kuntilanaaakk..” Pusing kan dia, yaudah bagus..weekkk...
Pesan moral dari kisah ini adalah ini hanyalah segelintir cobaan dalam menjalani profesi kita sebagai dokter, nanti akan ada banyak hal lebih aneh lebih berat yang mungkin bakal kita hadapi, jalani aja, nikmatin aja dan terus jaga profesionalitas dalam menjalankan tugas.

2 komentar:

  1. Adik ini gimana.
    Calon dokter kok bilang homosexualitas sebagai kelainan jiwa? Belum masuk stase jiwa ya? :-)

    BalasHapus
  2. Thanks for reading this short story..
    Iya mbak belum lewat stase Jiwa. Pengalaman ini ketika penulis belum satu bulan jadi koas mbak dan ide merujuk itu cuma ide lucu-lucuan penulis saja,hehe

    BalasHapus