Senin, 06 Agustus 2012

Cerita Ramadhan

Alhamdulillah masih dipertemukan dengan Ramadhan tahun ini. Banyak orang tidak bisa lagi mencicipi indahnya Ramdhan walau sedetik pun karena meninggal dunia sebelum hilal muncul. Maka kita yang masih sehat secara fisik dan psikis sangat disayangkan jika tidak memanfaatkan dan menikmati indahnya Ramadhan.
Ramadhan pertama saya sempat ter-enyah mendengar pertanyaan neno (ayuk ibu saya),”Dari tahun ke tahun, neno ini seperti mengikuti tiap generasi, dulu Putri sama Nia yang selalu ikut neno sholat ke masjid, terus Sindy, sekarang Oktri dan Della, kalian semakin besar, neno semakin tua”. Iya, neno memang rajin ikut pengajian dimasjid, sholat berjamaah khususnya bulan Ramadhan. Sejak TK nol besar (sejak saya ngerti apa itu puasa) saya sering ikut neno sholat ke masjid yang jauhnya kurang lebih lima menit dari rumah (ga jauh, kalo bener-bener diniatkan pergi ke masjid), kadang bersama nenek (kalo nenek lagi di Prabumulih) dan Nove. Kalau sholat tarawih ramai, justru menjadi kesenangan pergi ke masjid, tapi untuk pergi sholat subuh berjamaah itu adalah perjuangan besar karena harus melawan rasa kantuk dan rasa malas. Namun neno selalu menyemangati, “Hayoo..lebaran sepuluh hari lagi..” seru neno jika sudah menginjak Ramadhan ke-dua puluh, begitulah setiap hari, dan di Masjid Sirojul Huda tempat biasa kami sholat selalu ada penceramah datang setiap empat hari sekali dan setiap hari usai sholat subuh berjamaah diadakan tadarus Al-Qur’an satu juz setiap harinya. Hal inilah yang membuat nenek lebih suka menghabiskan setengah dari bulan Ramadhan di Prabumulih.
Mengenang Ramadhan ketika saya kecil, saya jadi ingin ketawa sendiri. Di masjid Sirojul Huda untuk anggota pengajian biasanya tempat sholatnya lima baris pertama selain memang kami harus datang lebih cepat, kalau terlambat masjid sudah macam kereta menjelang lebaran, padat merayap. Saya selalu ikut neno, otomatis kalau neno berada di baris terdepan saya ikut, walau saya anak kecil bertubuh mungil baru berusia lima tahun. Sejak kecil saya keras kepala, ketika sholat tarawih saya selalu pasang target harus bisa tuntas sampai sholat witir, walau neno bilang anak kecil boleh sholat tarawih beberapa rakaat saja. Suatu malam saya sholat tarawih disamping neno, entah rakaat ke-berapa, saya sujud dan ga bangun-bangun. Saya capek, ngantuk dan tertidur ketika sujud. Keesokan harinya saya menurunkan target, tetep masih mau sholat tapi kalau ngantuk saya duduk aja, diem.
Pengalaman lain di bulan Ramadhan ketika saya kecil adalah dikejer-kejer anjing. Ada dua masjid di dekat rumah saya, masjid Sirojul Huda dan masjid At-taqarrub. Suatu hari saya sendirian memberanikan diri pergi sholat subuh ke masjid, saya sendirian karena neno lagi palang merah, saya memilih pergi ke masjid At-taqarrub karena saya pikir jaraknya leebih dekat dan jalanannya terang benderang. Sesampai di dekat masjid saya lihat sepi, gelap, ga ada orang satupun, masjid terkunci rapat, sunyi tidak ada suara apalagi suara azan. Miris!. Lalu terdengar suara lolongan anjing, saya lari terbirit-birit. Akhirnya saya sholat subuh di rumah saja. Keesokannya saya cerita dengan neno tentang pengalaman tersebut. Neno bilang masjid itu memang sepi kalau subuh, saya bingung, lalu saya bertanya,”neno, apakah orang-orang disekitar masjid itu tidak berdosa ninggalin masjid itu sendirian, sepi.” Neno hanya tersenyum lalu mencoba menjawab seadanya,”orang-orang yang tinggal disekitar masjid itu orang non-muslim”. Memang benar adanya, penduduk sekitar masjid itu orang non-muslim yang rata-rata memelihara anjing, makanya ketika saya pergi ke masjid itu subuh-subuh dikira si anjing saya ini maling.
Ada cerita lain tentang Ramadhan khusus nenek saya. Nenek saya adalah makmum tetap di masjid Karang Agung (desa nenek saya). Beliau selalu ingin cepat pergi ke masjid jika menjelang jadwal sholat tarawih. Pernah suatu sore, azan maghrib tanda berbuka puasa jam 18.00 dan nenek saya berbuka puasa sekedar minum teh hangat dan makan makanan ringan lalu sholat maghrib, sekitar pukul 18.20 beliau sudah mau berangkat ke masjid untuk sholat tarawih, beliau takut sekali kalau kalau ga ada tempat lagi, lalu mamang saya bergumam,”ya sudah mulai besok kita buat tulisan di salah satu sejadah masjid, INI TEMPAT NENEK CEK!!, jadi umak ga perlu pergi cepat-cepat”. #nenek cek adalah panggilan untuk nenek saya yang dikenal masyarakat Karang Agung.  
            Ada cerita lain seputar Ramadhan (ya, saya mah orangnya suka cerita :P), dulu ketika SMP ada perlombaan pidato Ramadhan antar kelas. Saya diutus sebagai perwakilan kelas. Ada satu potongan kalimat yang selalu saya jadikan jargon disetiap saya ikut pidato keagamaan, entah saya lupa darimana saya dapat potongan kalimat itu tapi saya sangat suka.
            “Ramadhan itu seperti ladang, ladangnya pahala, karena kalau kita berbuat kebaikan, kita akan mendapat pahala yang berlipat-lipat. Ramadhan juga ladang dosa, kalau kita berbuat kejahatan, kita akan mendapat dosa yang berlipat-lipat”
Kira-kira inilah potongan kalimat sederhana, sepehaman anak kelas satu SMP tentang beribadah dan berbuat dosa di bulan Ramadhan,hehehe.
           Sekarang umur saya sudah dua-puluh-dua, tapi semangatnya tidak begitu menggebu-gebu  menghadapi Ramadhan yang ingin sholat tarawihnya full, ngajinya harus khatam hingga usai Ramadhan, sholat subuhnya harus berjamaah mencari masjid walau dikejar anjing karena selalu berfikir sayang kalau satu hari Ramadhan terlewat begitu saja. Sekarang lebih ke bersyukur masih ketemu Ramadhan dan mencoba memaknai karena disetiap Ramadhan selalu ada kisah dibalik itu dan buruknya adalah ibadahnya sedapatnya saja, mencoba memaklumi kan capek, kan sudah koas,ahh..padahal itu bukan alasan. Jadi ingin kembali ke masa kecil, dengan semangat dan idealisme anak kecil memandang apa itu Ramadhan. Masih ada waktu, Ramadhan masih setengah jalan, semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar