Jumat, 10 Agustus 2012

Agar Tidur Menjadi Ibadah



Sesungguhnya tidur itu adalah suatu ibadah. Terdapat beberapa adab yang dituntut amalannya sebelum tidur agar tidur itu menjadi ibadah di sisi Allah. Salah satunya adab tidur ialah, hindarilah posisi tidur terlungkup.

“Sesungguhnya (posisi tidur terlungkup) seperti itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Abu Daud dengan sanad yang shohih)
 

Abu Dzar -radhiallahu ‘anhu-, ia berkata: “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam lewat di sisiku sementara aku sedang tidur tengkurap, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan bersabda: ‘Wahai Junaidab, sesungguhnya hanyalah tidur seperti ini adalah tidurnya penghuni neraka’.” (HR. Ibnu Majah, no. 3724)



 
Dalam sebuah hadis diterangkan: Al-Barra’ bin Azib berkata: “Adalah Rasulullah SAW jika akan tidur, mengiring ke sebelah kanan kemudian Baginda membaca doa" yang maksudnya:
 
Ya Allah aku serahkan diriku kepada-Mu dan menghadapkan mukaku kepada-Mu dan menyerahkan semua urusanku kepada-Mu dan menyandarkan belakangku kepada-Mu kerana mengharap dan takut kepada-Mu, tiada perlindungan dan tiada tempat selamat daripada seksa-Mu kecuali kembali kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab yang Engkau turunkan dan Nabi yang telah Engkau utus.” (Hadis riwayat Bukhari).


Ternyata hal kecil seperti ini diatur dalam Islam, subhanallah.. saya sendiri sebenernya kurang nyaman tidur dengan posisi tengkurap tapi terkadang masih juga tidur tengkurap sambil memeluk bantal guling,haha. Tapi memang tidur terlentang jauh lebih baik, sirkulasi jadi lancar (hhe,sotoy). Dan ga kalah pentingnya jangan lupa baca doa sebelum tidur.  Semoga bermanfaat :)

2 komentar: