Senin, 16 Mei 2011

De Journal

Hee.. Hee.. ini juga hasil ngautis ke gramed sendirian beberapa bulan lalu.. (sering bgt yaa..jd orang autis). Emang sengaja mau cari buku bacaan sekalian beliin kado buat temen yg lagi ultah..nah..aku ketemu sama novel ini nih...covernya menarik sih..warnanya pink dan gambar sepatu..halah..ga penting yang penting itu isinya....


Novel ini berjudul “De Journal” sebuah novel tentang kisah nyata, catatan seorang backpacker wanita keliling dunia...tapi yang edisi ini baru keliling beberapa pulau di Indonesia..belum keluar negeri....

***
Mungkin aneh bin gila buat sebagian besar orang Indonesia kalo ada cewek yang jalan-jalan sendirian, berminggu-minggu, nggak ada tujuan jelas....pasti pada mikir macem-macem. Yap, itu semua yang aku alami. Aku seorang cewek, yang menjelajahi hampir seluruh pulau di Indonesia, dateng ke sudut kota yang mungkin namanya aja nggak pernah kalian denger...he..he..and, aku sendirian bo!

Aku cewe biasa, g cantik-cantik amat, bukan anak orang kayayang memilih untuk keluar dari tempurungnya, untuk mencari cinta. Dalam petualanganku, aku bertemu banyak orang dari berbagai bangsa, agama, suku, dan kebudayaan. Dari mereka, aku belajar banyak hal. Aku menemukan makna kehidupan. Aku belajar lebih mencintai alam dan manusia. Itu semua yang bikin aku semangat nulis novel ini.  Aku ingin membagikan pengalamanku buat semua orang. Dan aku harap kalian yang baca novel ini bisa dapet banyak hal and mudah-mudahan jadi terprovokasi buat backpacking!!!

***

Well, ini tuh diatas sepenggal celoteh sang penulis..namanya Naneng Setiasih, cewek lulusan ITB dengan prestasi luar biasa anak seorang Professor. Tapi karena dikeluarganya terbiasa dengan didikan demokrasi jadi mereka boleh milih jalan mereka masing-masing...nah kalo kebanyakan orang, lulus kuliah lebih milih KKN, yaa kalo ga Kerja atau Kuliah lagi atau malah milih Nikah...itu masalah pilihan....nah kalo Tya justru milih putus dengan pacarnya dan backpacker-an bersama motor jabriknya..

Banyak kisah cinta disetiap penggalannya...dan rata-rata bule..abisnya Tya ngerasanya kalo orang-orang Indonesia definisi cantik itu lebih kearah cewek yang berkulit putih, rambut hitam panjang, lemah lembut...sedangkan dia yang “KuTiLang” kurus tinggi langsing dan dada rata (OMG) dan kulit coklat eksotik sangat bukan selera cowok Indonesia, makanya dia ngerasa “gw ini salah pasaran” dan di novel ini juga banyak pesan tersirat lewat pengalaman Tya yang dia dapat dari perjalannannya..

Ini nih yang agak aneh...Tya ga mau nikah yaa..karena jiwa petualangnya itu...

Aduh..menikah itu menyeramkan. Apalagi kalau yang dikatakan seorang ustadziah itu,--yang terus-terus kawin-cerai, tapi masih suka nasihat orang mengenai pernikahan—bener, kalau istri mau keluar rumah terus dengan seizin suami. Kalau enggak, setelah 7 langkah keluar rumah, itu artinya berdosa.’’ (kalau suami gitu juga,nggak?)

Ih.....kalau begini mending aku nggak nikah.....kalau aku nikah, aku pasti penuh dosa......

Naahh...untuk lebih jelasnya baca aja deh..kalo mau pinjem sama aku juga boleh...TAPI BAYARRR !!! (ganas amat yaakk...) ga kok bercanda..hehee

Ini pandangan aku sebagai pembaca :

Bukunya keren...aku ga butuh waktu 24 jam bahkan ga separuhnya buat ngelahap buku ini dengan tebal 438 halaman.

(eh..eh..buat baca novel ini aku sampe lupa makan..lupa mandi..lupa boker...dan lupa kalo aku ini Andwi, abis aku ngrasa jadi sosok Tya yang backpacker-an..ada sedikit jiwa aku dalam dirinya..dikit doang kok !!)

Well .... banyak hal dari buku ini yang bisa diambil sebagai sumber inspirasi, sebenernya generally Tya ini aku banget, jiwa petualangnya, hidungnya yang pesek....hahahaaa...abis hidungku yang pesek ini selalu jadi ejekan temen-temen...=_=’’ hhaahh..tapi never mind lah...

Okeh..intinya yang aku suka dari Tya,,dia orangnya ga suka keterikatan (yuupp..aku banget..emang syapa coba yang mau diikat,haha) truss mandiri dan berani keluar dari “tempurung” nya...kalo aku sih punya istilah sendiri yaitu “keluar dari zona aman” heheee...ga tahulah mungkin konteksnya beda tapi yang jelas ku pikir kurang lebih begitulah...

Siippp..bgt..mandiri tapi sebenernya tetep butuh cowo juga (ya iyalah...cewe mana yang ga suka diayomi, rambutnya dibelai, dan disanjung..hehehe). tapi ada hal yang ga aku suka, pemikiran Tya tentang konsep menikah, menurut aku sepinter-pinternya cewek, semandiri-manidirinya dan sehebat-hebatnya cewek ya masih harus nurut / tunduk / hormat (hhaahh..apalah) kata suami, kan suami pengganti orang tua kalo udah nikah....

Yaa...jadi kalo emang punya jiwa petualang, manfaatin buat belajar dan mengenal dunia, yaa...kan bisa jadi modal hidup buat nanti, trusss nanti kalo udah nikah emang baiknya jadi perempuan rumahan..(bukan berarti dirumah terus,imbang sama kerjaan) ngurus anak...ngurus suami. Biar deh ga jadi perempuan hebat, dengan melahirkan anak-anak yang hebat dan menjadikan suami lelaki paling hebat sedunia itu lebih dari cukup dan actually itulah perempuan hebat yang sebenernya. (eh.. eh.. kali ini aku ngomongnya serius lho !!! *ga cengengesan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar