Minggu, 15 Maret 2015

Balada Tukang Ojek





“Bechyeekkk….naik ojhyeekk…”. Masih inget kalimat ini kan? Sempet ngehits banget karena menjadi ciri khas penuturan salah seorang artis blasteran, siapa lagi kalo bukan Cinta Laura. Tapi, tulisan aku kali ini sama sekali ga niat ngomongin doi, tapi tentang tukang ojek. Tareeeekkkkk mang!

Terhitung sejak terjadi perpisahan antara aku dan dia (baca: moncong putih), jadilah sekarang aku ga punya temen kalo mau berangkat ke rumah sakit. Kalo biasanya mau pagi, siang, sore atau pagi sore atau siang malam, terserah ya yang penting nasi padang! Lho….kita ga lagi ngomongin rumah makan yaa, *krik krik*. Intinya waktu moncong putih masih disini aku ga kesusahan kesana kemari, baik siang maupun malam, tapi semenjak aku ga bawa mobil lagi, aku harus mencari cara agar kegiatanku tetap lancar, ga terhalang masalah transportasi. Akhirnya aku memutuskan untuk mencari langganan ojek. 

Sebenernya aku takut naik ojek disini. Sudah terlalu banyak berita kejahatan disana sini, bahkan aku sering liat sendiri di IGD korban kejahatan tukang ojek berupa komplotan gitu untuk mengelabui penumpangnya, kerjasama dengan beberapa rekannya buat jambret barang berharga milik penumpangnya. Alhasil penumpangnya jatuh terseok-seok dipanggir kali, lalu digigitin semut merah. Enak kalo cuma digigit semut merah, tapi kadang korban sampe cidera kepala berat, luka-luka dan bahkan bisa koma. 

Pengalaman hari pertama aku naik ojek.
“Bang, ojek ke rumah sakit Cinta Kasih Hup Hup Lalalala berapa?”
“Sepuluh libuuuuuu mbak..”
“Oke Cusss….”

Jadilah aku naik ojek. Eh, tiba-tiba si tukang ojek ngajakin aku lewat jalan yang ga pernah aku lewatin dan kurang familiar. Jalanannya cuma sering dilewatin oleh para tukang ojek kece sekota ini. Ya, aku sih manut aja. Tapi sepanjang jalan, aku noleh kanan kiri, banyak hutan dan rumah penduduk hanya beberapa, kalopun ada kelang antar rumah jauuuuuuuuuhhh banget, udah bisa dibikin jalan tol 1000 km, *lebay!. Terus ngelewatin jembatan gantung. Sudah, aku makin parno aja. Aku ga tahu harus gimana kalo emang tiba-tiba, aku diturunin di tengah jembatan terus tiba-tiba dari kedua ujung jembatan sudah ada yang nyerbu. Aku bisa apa, selain terjun dari jembatan sambil teriak, “MAMAAAAAAKKKKKKKKKK……”. Tapi untungnya itu cuma imajinasi konyol aku aja. Kelang beberapa menit, si tukang ojek mengarahkan kemudinya ke jalan raya. Akhirnya liat keramaian lagi dan aku diantar ke rumah sakit tanpa cacat. Alhamdulillah. 

Atas maraknya kejahatan di kalangan tukang ojek, aku jadi curhat sama sodara yang ada di luar kota. Dia menyarankan siapin aja air keras dalam botol semprot. Kalo ada yang mau jahat, ya tinggal semprot ke mukanya. Tapi aku ga tega juga kali. Masak iya, aku nyemprot mata orang dengan air keras, terus dalam hitungan detik biji matanya melonyot. Dan naluri pertolongan pertama ku keluar, berupa irigasi pembersihan dengan trauma kimia pada mata, aku yang berbuat terus ngerasa berdosa sendiri, wkwkwkwk. Ah…jadi apa dong? Aku juga disaranin pilihan lain. Gimana kalo botol semprotnya berisi air yang dicampur tumbukan cabe atau lada, kan lumayan. Walau matanya ga melonyot, minimal pedess. Ihh..tapi aku takutnya, pas aku lagi khilaf, liat ada botol semprot dalam tas serasa bawa parfum atau spray cologne gitu, aku main semprot ajah, terus baru nyadar kok ada yang pedes pedes lengket di ketek, ngek ngokkk! Huh….akhirnya aku dapat ide, tapi belum jadi realisasi juga sih. Gimana kalo siapin aja Diazepam injeksi yang siap suntik. Kalo ada yang mau jahat, suntikin aja di lengannya, paling juga itungan detik dia tidur, weekkkkkk :P.

Kembali lagi ke tukang ojek, besoknya aku nunggu ojek di tempat yang sama, dan ada ojek yang menghampiri. Ya, aku naik aja. Mas ojeknya nanya, apa berangkat tiap pagi. Aku jawab aja iya, dan aku juga bilang butuh ojek langganan. Kebetulan sekali tukang ojek ini tetanggaan sama kosan ku, dan menawarkan diri buat langganan. Setelah konsultasi sama orang tua, akhirnya aku sepakat langganan dengan bayaran perbulan. Kesepakatannya aku diantar tiap pagi pukul 06.30 dan dijemput pukul 14.00, setiap hari kecuali hari Minggu dan tanggal merah. Si Mas ojek setuju. Akhirnya aku punya langganan ojek. So far, si Mas ojek bersikap so nice so good sama aku *sambil ngunyah sosis*, malah aku ngerasa Mas ojek ngasih excellent service, menuhin additional request dari aku, misal bersedia mampir kalo ada jualan buah nangka, mampir dan ngantri lamaaaaa di atm, dan juga nganter ke perpustakaan daerah yang super jauuhh, hehe. Mas ojek langganan aku emang orangnya baik, dan kadang aku kasian juga karena pernah keliling nganterin orang tersasar dan ikhlas ga dibayar, ngumpulin duit juga buat ngirimin ibunya yang lagi sakit di luar kota. Dan lusa ga terasa udah satu bulan aku langganan ojek, waktunya pay fee for service. Semoga rejekinya lancar terus ya. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar