Sabtu, 18 Juni 2011

Perjuangan dimulai....


Ga terasa udah 3 tahun aja saya belajar di FK UNSRI. Waktu yang ga sebentar, perasaan masih kemarin deh pake seragam putih abu-abu. Waktu yang 3 tahun ini banyak saya habiskan bersama teman-teman, intinya sejak ninggalin seragam putih abu-abu saya merubah konsep diri. Intinya saya cuma ingin punya banyak teman dan nikmatin masa kuliah saya. Target ini itu seperti semasa SMA udah terkikis kayaknya…hehee..
kalo ada waktu saya bakal sempetin nulis kisah perjalanan saya nyusun skripsi diblog ini. Anggap aja saya lagi cerita sama ocin..hahaa..ya sama ocin..Mungkin saya bakal ngerasain juga apa yang kata orang kalo nyusun skripsi itu bikin stress,bikin berat badan turun drastisss (huoooo..jangan dongg..mw kurus gimana lagi =_=”), tenang…..tenang…saya akan mencoba menikmatinya. ^_^

Dan tepatnya 2 hari yang lalu, pembimbing skripsi udah keluar. Deg-degan setengah mati..udah kayak bagi rapot jaman SMP dulu. kertas yang isinya nama-nama dosen pembimbing digilir dari baris depan kebelakang, hahaa..seperti biasa saya dan temen-temen GMC duduk disayap belakang. Waktu kertas itu lewat dikursi baris depan saya, ada sih rasanya pengen ngintip siapa dosen pembimbing saya tapi saya berusaha nahan mata saya buat ngintip walau sebenernya udah jelalatan. Waktu kertasnya udah mendekat…hhahhh…makin deg-degan aja..dan ketika saya liat absen nomor 47 atas nama Andwi Putri Lika Honey Boney sweety tralala trilili emmuuaaccchh kikuk kikuk..pembimbing 1 dr. Zulkifli, Sp.An dan pembimbing 2 dr. Mutiara Budi Azhar, SU. MmedSc. Rasanya saya pengen cepet-cepet naik keatas loteng terus joget-joget, lompat-lompat, koprol-koprol…sumpah saya seneng bgt…bgt..bgt…senengnya saya dapet pembimbing dokter zul abisnya saya emang udah jatuh cinta pada pandangan pertama jaman dulu waktu baru liat…yang saya tahu beliau care sama mahasiswa, ga cuek dan stylenya yang nyantai dan saya yakin beliau lelaki yang pinter dan berprinsip…..zzzttt…zzzttt…apa-apaan ini…. :D. entahlah setelah ketemu dr. Riyadh Firdaus, Sp.An salah satu pembicara waktu SEMNAS 2011 di jakarta kemaren saya kagum sama dokter anastesi, karena selain pinter dokter ini gokil, nyantai abis yang pasti bakal ketawa terus kalo denger paparan dia. Dan selanjutnya kenapa saya seneng bgt dapet pembimbing dokter budi…hhhaahh…ebribadi nyuw deh…kalo dokter budi itu ga diraguin kalo masalah hal-hal yang berbau ilmiah,selain itu beliau udah kayak orang tua sendiri jadi kalo bimbingan sama beliau..sudah pasti dapet bimbingan plus..plus..plus..heheee..
Kebetulan dokter budi lewat depan kelas..hhaahh..langsung saja saya samperin..’’doookkkk….selamat dokter beruntung bakal membimbing saya…hahaha’’ dengan bercanda…beliau juga ketawaa…hhahahaa…yaa..jadi kayak manja-manjaan sama ayah sendiri.
‘’tapi siap-siap saya buat nangis ya..kalo bimbingan sama saya’’
‘’hhhahh..ga apa-apa dok kalo nangisnya nangis terharuu…’’
***
Pokoknya kelas pada heboh, ada yang bahagia…ada yang udah mau mulai nulis proposal, ada yang ngeluh susah nemuin dokternya, ada juga yang tetep nyantai, dan ga sedikit juga yang dibuat galau gara-gara skripsi…
Oh yaaa….dan kebahagiaan saya yang tak terkira adalah rekan saya buat skripsi di bidang anastesi adalah saudari Ririn Eviningtyas….seneng bgt rasanyaaa….kami berduaa rasanya pengen berpelukan ga lepas lepas…loh…loh..loh…yaa..Ririn salah satu sahabat saya yang oke bgt deh..yang jelas kalo udah cerita…cerita panjang lebar..panjangnya sepanjang kereta api babaranjang yang 32 gerbong dan lebarnya selebar kampus unsri layo…(hakzz..jayuss).
Perjuangan pertama kami berdua nemuin dokter zul di ruang ICU…..gggrrr…dingin bgt, dan kayaknya ruangan ini bakal sering kami kunjungin buat bimbingan. Saya kira dokter anastesi itu ga bakal banyak berinteraksi sama pasien atau orang diluar tenaga paramedis, abis pasiennya kan pada ga sadar tuh…dan ternyata buat ketemu beliau, mesti ngantri lama udah kayak audisi indonesian idol…berdiri didepan ruangan buat ngantri masuk. Dan tamu-tamunya adalah para detail obat dari perusahaan farmasi bisa 5 sampe 6 orang dari perusahaan yg berbeda-beda dan mereka udah lama nunggu dokternya selesai operasi. Untung aja saya sama ririn ga pake tas yang ada laptop case dan warna item..kalo ga pasti dokter zul ngira kami ini juga detail obat…=_=’’
Dan ketika ruangan hanya ada dokter zul, saya dan ririn, mulailah kami memperkenalkan diri dan berdiskusi masalah judul.,,,,,aaarrrggghhh….judul ririn yg kurang lebih kayak gini “Perubahan hemodinamik pasien operasi caesar dengan penggunaan anastesi spinal’’. Hookeehh…lumayan juga judulnya, tapi yang dikhawatirkan dokter zul adalah apakah status anastesi pasien-pasiennya terdokumentasi dengan baik, beliau agak ragu karena selama ini yang ngumpulin data itu adalah koas, coba nanti kalian minta kakak koas yang jaga di anastesi buat ngumpulin datanya. Ririn mulai pesimis..dan ada hasrat buat pindah judul..
Lalu gimana sama judul saya…sebelum saya cerita tolong jangan ketawa bagi yang paham yaaa..jadi begini, awalnya saya maunya kalo skrisi saya ini masuk didepartemen anak, tepatnya neonatologi atau obgyn tapi judul yg muncul idenya ga sengaja ini malah jatuh di anastesi..kurang lebih begini, “Hubungan penggunaan anastesi general pada ibu melahirkan dgn caesar dengan insidensi bayi lahir asfiksia’’ daaaaannnn….eeeeeennngg….ingggg…eeennggg….kemungkinan melakukan penelitian ini di rsmh (ga mungkinnnya yaaa…) 99,9999999999%. Tau kenapa???? karena pasien melahirkan dengan caesar yg menggunakan anastesi general dalam satu bulan belum tentu satu. (kebayang kan betapa begonya saya…hahahaaaa…).Dokter zul nawarin gimana kalo cari datanya didaerah, misalnya di rumah sakit daerah Kayu Agung. Ooooohhh….tidaaaakkkk….
Untung saja sebelum pembagian dosen pembimbing saya sempet diskusi sama dokter zul (padahal waktu itu blm tahu kalo bakal dapet anastesi), dokter zul rekomendasiin judul ‘’Pola peta kuman dan resistensi antibiotik di icu rsmh priode bla…bla..bla…’’, kata dokter zul ini mudah, cepat, dan bermanfaat. Hhaaahhh…saya sangat interest karena cepat..ya ulangi cepat…saya pengen cepet selesai..hahaaa…,mudah karena datanya bisa diambil di instalasi ICU ya tergantung pilih NICU apa PICU apa GICU apa GINCU..kayaknya saya pilih GINCU aja deh..hahahaa..emang ada??..truss bermanfaatnya adalah bisa ditemuin gambaran kuman apa aja yang ada dan seberapa besar, apalagi klo ditemuin mikroorganisme yang seharusnya ga ada disana tapi ada…berarti ada apa sama ruang ICU itu..
Okeh..cukup bahagia dengan solusi ini…rasanya lagi-lagi saya pengen cepet-cepet naik loteng RSMH terus joget-joget, lompat-lompat, koprol-koprol..entahlah saya gampang bgt bahagia..pokoknya saya bahagia….
Nah balik lagi ke masalah ririn tadi, kalo misalnya judul ririn susah dikerjain karena dokumentasi datanya ga lengkap ririn juga dikasih alternatif yaitu sama kayak judul saya tadi tp naik satu level yaitu kuman yang nyebabin infeksi nosokomial..naahh..asiik bgt kan klo kayak gini kami bisa cari data bareng dan cari refrensi, jurnal bareng….hahahahhaaa..
Tapi kami harus tetep berjuang biar judul ririn yang pertama tadi bisaaaaaa…

***
Siangnya kami berdua dateng lagi ke rumah sakit, kali ini kami ke ruang OK buat ketemu sama dokter Tori, kata dokter zul tanya aja sama dokter Tori dan merekalah yang bakal bantu kami. Dan alhamdulillah ternyata dokter zul udah nelpon dokter Tori sebelumnya, jadi waktu kami dateng dokternya udah stand by dan kasih liat data status anastesi, waaahhh….alhamdulillah bgt datanya lengkap dan terdokumentasi dengan baik. Kali ini mungkin ririn yang bakal lari ke loteng RSMH terus joget-joget, lompat-lompat, koprol-koprol..hahahaaa…
Okeh saya cukup bahagia dengan jalan yang dipermudah ini..terimakasih ya Allah..tapi setelah saya pikir-pikir, saya mulai galau lagi nih sama judul saya tadi. Coba cerna lagi tiap kata dijudul saya.. ’Pola peta kuman dan resistensi antibiotik di icu rsmh priode bla…bla..bla…’’dimana letak basic anastesinya?? ICUnya?? Haadeeuuh…saya ga banyak paham ranah keilmuan anastesi itu apa aja..selain itu ini temanya mikrobiologi dong…sedangkan saya paling pobia sama ilmu-ilmu yg selain manusia ;mikrobiologi, parasitologi, jamur-jamur gitu…halaahh..padahal sebenernya saya pobia semua..entah apa yang saya suka..yang jelas saya cuma suka tidur, makan, dan masak (masih syukur) :D naahh..selain itu judul itu bakal nyerempet nyerempet juga ke farmakologi klinik kan yaaa….aaarrggghh…..jadi gimana nasib saya???? Okeh..okeh…saya harus tetep semangat dan berjuang (halaahh…sok bgt lu).
Demi skripsi saya akan :
berusaha meminimalisir pikiran-pikiran yang nyaris tiap malem  buat saya pengen nangis
saya juga harus banyak makan (pokoknya dimakan semua..piring, cangkir, meja, kulkas)
saya harus makan nasi, pokoknya sehari harus ada makan nasinya, terutama sarapan supaya pas kuliah ga ngantuk (halaahh..sarapan ga sarapan emang tukang molor dikelas kok)
ga boleh biarin badan jadi lemes, berat badan turun..(tau nih badan udah kayak makanan yang kayak lidi dikasih bumbu cabe yang dijual di kambang iwak :D)
tidur harus cukup, ga boleh tidur larut dan supaya bangunnya subuh-subuh yaa..

 perjuangan masih panjang...doain saya yaaaa....



1 komentar:

  1. berkahir dengan sangat indah kaaan? cumlaude pulaa, heheh. cakeeeep deeeh Puput

    BalasHapus